MPASI 6 bulan 'Aqilla

*bentar lap keringet dulu..


Yaaaayyyy.. akhrinya, tanggal 24 maret 2011 lalu, 'Aqilla masuk fase kedua nya dalam hidup: MPASI alias makanan pendamping ASI.

dan saya, sebagai ibu muda yang gahol nan lebay pun udah woro woro sejak sebulan yang lalu ke Dzaky perihal per-MPASI-an ini.
mulai dari searching menu mpasi di berbagai website, nge list perlengkapan yang musti dibeli, sampe ngingetin Dzaky buat nyemangatin saya untuk keep on these rules:

1. MPASI rumahan. Punten, saya nggak kontra kok sama mpasi instan cem pr*min* atau v*rl*y dan kawan kawannya. saya pun menyadari kemampuan memasak saya yang keren abis terkadang membuat Dzaky bersemangat untuk ngajak makan di luar. tapi sejauh yang saya tahu dan pelajari, mpasi instan punya pengawet dan pemanis yang bakalan berat buat kerja ginjal anak. not to say, zat pemanis yang berpotensi membuat anak menjadi picky eater alias pemilih dalam makan; soalnya udah kenal rasa manis..
Jadi, hayuklahh, setelah kami pindah ke bandung, si Bunda iniii sudah berlatih masak memasak (walaupun dengan berulang kali sms emergency ke ka cici, kekekekeke..): Mari buat MPASI sendiri! hyuuuukkk..

2. Mulai dengan karbohidrat, sayuran, baru buah-buahan. Nah.. ini pun ada kontroversinya. Mahzab yang satu menyarankan mulailah dengan buah (khususnya alpukat mentega). konon, buah mengandung karbo yang mudah dicerna oleh sistem pencernaan anak. tapiiii, resikonya bikin anak udah kenal rasa manis. katanya sih cenderung susah dengan sayur..
Akhirnya saya pilih ngikut aliran karbo dulu.. yapsudahlah, meluncurlah kami kemudian ke Y*gya buat beli tepung gasol beras merah wangi dan gasol cokelat.

3. Konvensional dan BLW. Halah.. makhluk apa pulak ini? hehe. ini metode mpasi.. konvensional itu metode menyuapi anak kayak biasa.. sedangkan BLW alias baby led weaning, adalah metode dimana anak diminta untuk makan sendiri. jadi makanan cukup ditaruh di depan si anak. biar dia menjangkau, kemudian memasukkan sendiri ke mulutnya. katanya sih orang orang bule di sana (dimana?) pada nerapin ini. menurut berbagai pendapat, BLW akan membuat si anak lebih mudah makan nantinya, karena dia sendiri yang mengontrol kapan lapar dan kapan udah kenyang.. cuma rada ekstrim, metode BLW menyaratkan anak buat dikasih finger food (makanan yang bisa dipegang cem apel, pear, dkk). kalo puree pureean kan ga mungkin digenggam soalnya.
Nah, saya sendiri mengkombinasikan keduanya. Pagi disuapi (walau seringnya 'Aqilla megang sendoknya sendiri; dan nguamuuuk nguamuuk kalo diambil sendoknya); lalu sore nya biasa dikasih wortel atau kentang buat diemut emut sendiri..

4. Makan sambil duduk. Heee, sudah dicontohkan Kanjeng Nabi, bukan? kalau makan haruslah sembari duduk.. buat yang ini, saya bener-bener berkeras hatiiii menerapkannya. makan sambil jalan-jalan keliling taman atau naik sepeda? nggak deh, makasih. I have no time for that. Ga kebuayang yaa kalo musti ngejar ngejar anak sambil makan.. itu berpotensi buat bikin si anak kebiasaan sampai masuk usia toddler nanti (dimana gue berencana ngambil S2 pas dia umur segituuh :).
Jadi tiap makan, 'Aqilla duduk manis di kursinya. kalopun udah mulai ngak ngek ngok ga betah, saya ambil terus saya pangku sambil menghadap kursinya. pokoknya tetep duduk! Alhamdulillaah, sejauh ini aman sentausaaaa.. Nenek kakek dan para eyangnya yang dateng ke rumah pun (I really thanks God for this!) ga ngutak ngatik peraturan yang dibuat si Bunda untuk urusan makan memakan ini. Jadi ga ada aturan dobel deh di rumah! :D

5. Menetap 3 hari untuk jenis makanan yang sama. ini fungsinya buat ngeliat si bayi alergi ga sama makanannya. jadi, kalo mau pindah ke jenis makanan lain, tunggu jenis sebelumnya dicobaik selama 3 hari dulu yaa...

6. Tidak memaksa. buat anak dibawah 1th, pemenuhan gizi utama masih dari ASI. mpasi cuma 30%nya aja. proses makan buat anak di bawah setahun juga jadi ajang pengenalan rasa dan yang terpentiiing... penanaman bahwa makan itu menyenangkan. jadi, kalo si bayi udaah ga mau disuapin lagi jangan dipaksa. stop aja makannya.. :)


7. Baca do'a. Eih, dudul. ini mah harusnya di pertama ya? Wajib ini mah. Walau Abhiw-Bunda nya masih juauuuh dari sholeh nan sholehah, tapi kami berusaha! Jadilah 'Aqilla sejak bayi sudah dibiasain dibisikkan do'a (secara dia belon bisa ngomong sendiri, kan?), termasuk urusan makan memakan ini. Biasanya do'anya bukan cuma yang buat sendiri (maksudnya yang 'Allahumma bariklanaa...'); tapi juga ditambah do'a buat orang lain (seperti 'Allah, tolong kasih temen-temen 'Aqilla makan yang cukup juga yaaaa...).
Mudah-mudahan dengan begitu, 'Aqilla bisa belajar bersyukur dan peduli sama sekitar.. Amiiin..

Sejauh ini, itu aja sih peraturannya. kalo untuk urusan menu, saya sudah menyusun sebagai berikut:

Kamis, 24 Maret - Sabtu, 26 Maret  : Gasol BMW + ASIP
Ahad, 27 Maret - Selasa, 29 Maret  : Gasol Cokelat + ASIP ; BLW Wortel
Rabu, 30 Maret - Jumat, 1 April       : Puree Kentang + ASIP; BLW Kentang (tapi di-stop karna keselek mulu hehe..)
Sabtu, 2 April - Senin, 4 April           : Labu Parang + ASIP
Selasa, 5 April - Kamis, 7 April        : Gasol BMW + Buncis + ASIP ; BLW Pear
Jumat, 8 April - Ahad, 10 April         : Labu Siam Baby +ASIP ; BLW Apel
Senin, 11 April - Rabu, 13 April       : Alpukat + ASIP
Kamis, 14 April - Sabtu, 16 April     : Pear (kukus) + ASIP
Ahad, 17 April - Selasa, 19 April     : Gasol BMW + Saus Apel + ASIP; BLW Pear
Rabu, 20 April - Jumat, 23 April       : Gasol Cokelat + Alpukat + ASIP; BLW Apel


Fyuuuuhh... susyeh juga ye ternyata? dulu mah pas belom nikah ngeliat ibu-ibu kayanya guampaang banget ngasih makan anak. tinggal tuang, seduh, jadi deh! hyahhh, tapi inilah konsekuensi. saya memilih mpasi homemade; buatan tangan sendiri. jadi, tetap semangat! :D

Sampe hari ini, yang udah dicoba baru jenis 1, 2, 3. Alhamdulillaah TATA (Tidak Ada Tanda Alergi). Cuma yaaa.. udah keliatan gitu mana yang 'Aqilla suka dan yang nggak. 3 hari pertama dengan gasol BMW, dia cuma makan dikit bahkan sempet GTM (Gerakan Tutup Mulut). hahah, padahal berasnya wangi banget.. emaknya aja ngiler.. :p
3 hari kedua dengan beras cokelat, dia mulai lahap. buaaangett! Apalagi pas Ummi Abi (ortu nya Dzaky) dateng nginep. Huah, habis itu semangkuk (dan Bunda langsung terharu!). Dasar emang ya, pinter cari pratian kamu, Nak! ;)
sedangkan puree kentang, so so.. ga terlalu lahap tapi masuk aja.

pengen aplot foto jugaaa, tapi hape Bunda baruu saja berpindah tangan -alias dijual-. hp yang baru belum ada kabel datanya.. nyusul aja deh yaaa..

Okey, a month to go..  Bulan depan Bunda mesti muter otak lagi buat nyusun menuuuuu.. *skripsi gimanaaaa? *histeris






¡Compártelo!

3 komentar:

nanajingga

bunda Tami san agqilla, semangat yaaa MPASI-nya! :D

eh, tam gasol tuh apa yak?

Jayaning Hartami

gasol itu tepung beras dari pertanian gasol, cirebon.. cara bikinnya mesti dimasak dulu sampe mendidih, makannya masuk kategori non-instan..

dijual kok di berbagai super market.
*di psi-bang harusnya diajarin ya, Na? ehehe

nanajingga

bener-bener baru tauuuu. hahaha.
asik nih ngikutin perkembangannya aqilla :)

keep posting ya, tam ;)

Posting Komentar

Selamat datang di Keluarga Hanif!
terimakasih yaa sudah berkunjung.. :)

Search

 

Followers

Rumah Bahagia ^__^ Copyright © 2011 | Tema diseñado por: compartidisimo | Con la tecnología de: Blogger