Menulis itu kado cinta buat ummat..

itu kata Mba Asma Nadia. Bagaimana dengan kamu? Eh, saya?

Saya mulai nulis blog waktu tingkat 2 kuliah. Dulunya ya ga jauh-jauh dari nulis diari. Blog pertama saya ada di sini  Tapi udah jarang saya buka lagi. tengsin! Maklum, jaman masih jadi abege labil, jadilah blog saya itu kebanyakan curhatannya, hihi. Percaya atau ngga, saya tuh dulu ga tau kalo yang namanya blog bakal dipublikasiin ke seantero dunia, dimana abang google bakal menampilkan blog saya kalo ada yang mencari. Apalagi aplikasi multiply memungkinkan para pemilik akun saling melihat posting-an maisng-masing. Hahaha.. bodohnya, saya kira blog itu balakan kaya' diari. Cuma saya dan Tuhan yang tahu.. (semalem saya cerita ke Dzaky tentang ini, dia langsung ngakak -_-").

Blog pertama saya itu dibikin atas dasar suruhan. itu tuh.. Dua mahaguru saya, si Mamah dan si Oom. instruksi yang mereka kasih waktu itu cuma gini doang, "Pokoknya, pada bikin blog ya! terus diisi pake tulisan (ya eyalaahh, emang bisa diisi duit? ATM dong namanya, hihi). wa-jib!" maka Voila! lahirlah si titiknadir, blog permata saya itu.

Ternyata, saya kadung jatuh cinta sama blog! lebih tepatnya, perihal tulis menulisnya sih.. walaupun dulu sering kena cercaan si Mamah gara-gara postingan saya curhatan semua (lah, kan instruksinya cuma disuruh ngisi pake tulisan tho, Mah? ;); tapi somehow, nge-blog itu ampuh banget jadi sarana saya melepas segala emosi.. saya masih inget buanget di blog pertama itu ada yang saya ketik sambil cengar cengir, ada yang sambil sesenggukan (ini sih yang paling sering. weeeeek..), bahkan ada yang cuma sebaris dua baris karena ga tau mau nulis apa.

saya ini memang tipe orang yang ekspresionis, maka ga heran kalo semua hal bisa saya bagi ke blog (dan suami saya melotot, ampuuun A!), mulai dari kejadian sehari-hari, perasaan-perasaan, sampai kesedihan saya.

Cerita berlanjut ke Juli 2009, dimana saya sudah menikah dengan seorang manusia bernama Ahmad Dzaky Hanif. Okelaaahhh udah sering saya bahas kan betapa saya dan dia kaya' langit dan bumi? bedaaaa baaangeeeettt! begitu juga dengan urusan ngebagi hal pribadi di situs publik cem blog ini. awalnya dari facebook. saya tuh seriing banget naruh status sesuai dengan apa yang saya rasa. sedang Dzaky? dia cuma apdet status sebulan sekali, he he.. begitu juga dengan beberapa tulisan awal saya baru nikah di blog titiknadir yang berwarna-warni: merah kuning ijo di langit yang biru. sedang Dzaky? blog nya blog bisnis, hihi..

Dzaky memang ga pernah meminta saya untuk berubah jadi lebih tertutup. Tapi, sejalan dengan waktu, saya belajar buaaanyaaak banget dari dia. Belajar nahan diri. Belajar buat apik dalam memilah privasi dan publik. oleh karenanya, saya buat lah blog baru keluargahanif ini...

niat awal? ikut-ikutan doang sih. ga sengaja masuk ke beberapa blog keluarga dan takjub ngeliatnya. wow keren! bikin aahhhh.. hihi. emosional banget alesannya yak? tapi kalo dipikir-pikir, bikin blog keluarga ga ada ruginya juga sih.. bisa naruh perkembangannya 'Aqilla buat jaid arsip pas dia gede nanti (masa dimana mungkin ada yang lebih canggih lagi kali yak dari blog-blog-an kayak gini?), atau buat dibaca-baca sendiri, nginget-nginget masa indah yang patut dikenang (halah, geli gua nulisnya). jadi baiklaahh, mari bikin blog!

Nyatanya, blog ini "memberi" saya lebih banyak dibanding saya "memberi" dia. Apa itu? teman-teman baru!   Serius, ini bukan buat gegayaan, tapi saya ga sangka kalo ternyata silent reader blog saya ada! (kirain cuma saya dan Tuhan aja yang baca, kekekekekek..). Dan yang jauh lebih menyenangkan adalah ketika kami benar-benar berkenalan! Baik yang (tanpa disadari) nge-add fb saya, trus ngirim pesan (dan bilang, "Terus nulis ya, Tam! seneng bacanya!"), yang komen di post, yang minta nomer hape (dan bener-bener sms saya!), sampeee yang dateng ke rumah! Terhaaaruuuuuu... :')

Semoga Allah mengenyahkan kesombongan dari dada saya, tapi serius, saya terharu sekali bisa berkenalan dengan mereka semua! Bahkan sampai ada yang kirim pesan personal dan bilang dia nangis baca blog saya dan dia jadi lebih bersyukur tentang hidup karenanya (dan saya ikut nangis baca pesennya. saat itu juga.).

Saya ga berniat jadi celebrity blogger atau semacamnya. Mudah-mudahan Allah enyahkan pula niatan itu dari hati saya selama-lamanya. Saya cuma senang menulis, menulis, dan menulis! saya tak pandai bicara, lebih sennag kalau melesapkan maknanya dalam kata (dan kebalikannya, Dzaky lebih senang bicara. baiklaahhh...) Semoga seiring dengan itu pula saya tersadar bahwa setiap huruf dalam blog ini kelak akan saya pertanggungjawabkan di hadapanNya.

Menulis itu kado cinta buat ummat, begitu Asma Nadia menyemangati saat saya hadir di bedah buku "Sakinah Bersamamu" beberapa bulan yang lalu.

kado cinta? ya. semoga. semoga ada cinta juga yang saya fusikan dalam tiap jengkal kata yang saya ketik.
semoga pula, -seperti yang berulang-ulang Dzaky ingatkan- ada manfaat yang saya tulis dalam blog ini. bukan sekedar buih.

Untuk kalian, saudara tak bernama. semoga kado cinta ini sampai pada tiap hati yang bertandang ke sini.
:)

¡Compártelo!

0 komentar:

Posting Komentar

Selamat datang di Keluarga Hanif!
terimakasih yaa sudah berkunjung.. :)

Search

 

Followers

Rumah Bahagia ^__^ Copyright © 2011 | Tema diseñado por: compartidisimo | Con la tecnología de: Blogger