dan ibu-ibu pun punya persaingan..

udah lama buanget mau nulis tentang ini.


Ehem, jadi begini. Saya baru jadi ibu-ibu selama 6 bulan (tadinya ape? Bapak-bapak? hihi..). Sepanjang perjalanan jadi ibu-ibu, saya lumayan sering ikutan berbagai forum, mulai dari Weddingku sampe The Urban Mama. Nah, dari sana mulai deh saya dapet buaaanyaaakk banget obrolan sesama ibu muda (cieee...) sampe akhirnya blogwalking ke rumah maya mereka.


sejujurnya aja, saya kebantu banget dengan adanya forum forum cem gitu.. jadi tau apa aja yang mesti dilakuin dan ga boleh selama hamil, perlengkapan bayi baru lahir, cara penyimpanan ASIP (sumpah, yang ini ngebantu banget banget banget! Ah, masuk sorga semua deh itu ibu-ibu di forum *berdo'atakzim), sampe penyusunan menu MPASI. saya bener-bener ga kebayang gimana rasanya jadi ibu-ibu jaman dulu, dimana belum ada forum kayak begituan. sumber info cuma dari dua jalur: dokter atau ortu mereka sendiri. Padahal udah banyaaak banget info ter-apdet masa kini yang jauh beda sama jaman dulu; misalnya pemberian MPASI yang baru dimulai dari 6 bulan (fyi, saya dan suami adalah anak mpasi 4 bulan. hehe..) terus pentingnya MPASI yang dibuat sendiri alias non instan... de el el..
Begitu juga dengan keberadaan berbagai blog ibu-ibu yang makin semarak aduhai (aih, bahasa gue..). Mulai dari pasangan yang baru nikah, sampe yang udah beranak banyak. yaa.. somehow blog blog itu ngebantu. ada informasi penting yang bisa saya dapatkan. at least, cukup jitu buat ngusir kepenatan. hehe..


Nah, tapi kayak begituan jadi pisau bermata dua juga pada akhirnya.. serasa saya (apa gue doang ya?), kok jadi kayak ada semacam "kompetisi" ya diantara emak-emak itu (termasuk saya, kayaknya. haha..). Mulai dari berhasil ASIX ato ngga, MPASI nya bikin sendiri ato ngga, lahiran normal ato sesar, sampe metode ngerawat anak.


Yah, saya sendiri senang luar biasa ngeliat semangat para ibu jaman sekarang. kalo dulu rame digaungkan tentang emansipasi dimana wanita nuntut (eh, tapi saya ga ikutan loh ya..) buat bisa memperluas aktivitas ke ranah karir dsb, sekarang justru mereka terlihat (paling ga di dunia maya) saaaangatt perhatian dengan urusan domestik kaya' masak, ngurus suami dan anak. somehow, saya berharap banget.. hal kaya' gitu bisa jadi prediktor yang cukup akurat kalo temen-temen seangkatan 'Aqilla nanti adalah anak-anak yang orangtuanya memang memberi mereka perhatian dan kasih sayang yang penuh.


Cuma, ya kembali ke masalah kompetisi tadi. Jujur aja, saya sedih banget lohh denger pertanyaan, "Anaknya ASI kan ya? Iya lah ASI aja.. masa susu sapi.." dan yang paling perih kalo ucapan itu dilanjutkan dengan "Susu sapi kan buat anak saaapiiii..." Hadeeeeeehhhhh.. itu orang bikin ngelus dada aje..
Anak saya ASIX, alhamdulillaah. tapi demi Allah, itu ga BAKAL saya jadiin hujjah buat menjustifikasi mereka yang memberi anak mereka sufor. Saya pernah ngalamin masa-masa awal menyusui yang sakitnya naujubile; tau banget perjuangannya. Dan saya tahu, memang ada ibu-ibu di luar sana yang terpaksa ngasih anaknya sufor. Apa karna ga sayang? ga mungkin lah ya.. pasti mereka punya kondisi darurat luar biasa yang bikin mereka lakuin keputusan itu.
itu baru soal ASIX-non ASIX. belum lagi masalah banyak-banyakan stok ASIP. terus masalah anti-imunisasi (fyi, kami ga mengimunisasi 'Aqilla tapi ga bikin kami jadi imun terhadap ortu yang imunisasi-in anaknya). belom lagi MPASI lo buatan atau instan? Ya ampun.. kok jadi saing saingan gini ya?


dan persaingan pun meluas lagi ke hal hal "tersier" kaya' merk stroller, jenis gendongan bayi, jalan-jalan ke luar negeri, merk baju anak (ginger snap atau bukaan? hihihi) dsb dsb dsb..
mudah-mudahan saya aja yang ngerasa kaya' begini.. tapi sepertinya masalah ini sudah cukup terangkat sampe lahir akun twitter dengan nama @mamayeah. ini akun bener-bener nyindir semua ibu.. mulai dari working mom, stay at home mom, ibu yang jago masak, yang masukin anaknya ke TK internasional, semuanya disindir! He he he.. saya bahkan menemukan diri saya dalam sindirannya. It's fun to laugh at yourself, sometimes.. tapi akun itu jadi nyadarin diri saya sendiri.. iya ya.. ngapain juga ni emak-emak pada saingan.. padahal anaknya mah pada anteng-anteng aja tuh..


Sebenernya ini juga sih yang bikin saya vakum rada lama dari nulis blog (dan sekalinya muncul langsung masukin 3 posting sekaligus, woooo...), karna saya bener-bener mikir berulang, berguna ga ya apa yang gue tulis? atau cuma buat gegayaan doang?  karena demi Allah, dunia ga perlu tau sedetil apa yang terjadi di hidup saya bukan? Bukankah saya punya Allah yang lebih Maha Tahu dari segala? kenapa saya jadi ngalih Allah ke blog sih?


halah, jadi berat pembahasannya... tapi beneran kepikiran. bahkan perbincangan ini sampe saya diskusiin sama Dzaky berulang kali banget banget menjelang tidur.




saya    : A, aku mah positif loh anak-anak indonesia bakal bagus nih beberapa tahun lagi


Dzaky : nyimpulin dari mana?


saya    : itu, ibu-ibu di forum sama blog pada riweuh menggiatkan ASI eksklusif, menyapih dengan cinta, MPASI buatan sendiri, yaaa.. yang terbaik lah buat anaknya.


Dzaky : Lah, bukannya disana juga ya kalian kalian itu pada pamer merk stroller, clodi, sama baju anak? yakin bakal lahir generasi yang bagus dari ibu-ibu macem gitu?


saya    : *diem. ga bisa ngomong apa apa lagi.




Diksi-nya Dzaky kasar sih, tapi deep down inside batin saya menyepakatinya. iya ya.. kalo forum dan blog kemudian jadi ajang "pamer" anak, karakter macam apa yang bakal muncul pada mereka nantinya? kalo sedari mereka belom paham segala aja ibu nya udah mencekok mereka dengan mesti pake merk ini itu, bakal  se brand-minded apa mereka nantinya?


dan nasihat yang berulang kali disebut Aa Gym di pengajian kamis malam DT jadi bergaung-gaung di telinga saya, "Demi Allah, manusia; kita ini, ga ada apa-apanya. kalo Allah mau, bisa aja Allah cabut semua ni'mat kita sekarang. apa sih yang bisa kita sombongkan? Demi Allah, dunia ini ga ada harganya di mata Allah. kalo dunia ini berharga seharga sayap nyamuk saja, ga akan Allah kasih udara, makan, dan minum pada manusia yang ga menyembahNya.."


dan ini sih kata-kata yang paling dalem,
"Demi Allah, kita ini masih terlihat bagus di mata manusia, semata-mata hanya karena Allah masih sembunyikan aib-aib kita! Bukan karena kita memang layak mendapat pujian!"


ya betul.. saya terlihat baik (di blog maupun dunia nyata), semata-mata hanya karena Allah yang Maha Baik masih sembunyikan cacat cacat saya. Lantas, apa yang pantas saya sombongkan?





Baiklah, perjalanan masih panjang.. mari kembali belajar menjadi orang tua.. :)

¡Compártelo!

0 komentar:

Posting Komentar

Selamat datang di Keluarga Hanif!
terimakasih yaa sudah berkunjung.. :)

Search

 

Followers

Rumah Bahagia ^__^ Copyright © 2011 | Tema diseñado por: compartidisimo | Con la tecnología de: Blogger