Sarjana Psikologi UI (cuma) jadi Guru (doang) ?

Sinih, mana yang ngomong?! biar saya satronin rumahnya tiap malem! :D

Sesungguhnya, kalimat negatif itu yang sering beterbangan di kepala saya beberapa bulan lalu. Saat saya mulai berniat mencari kerja di Bandung. ngelamar sana sini, ga ada respon. bela-belain ikut job fair (yang katanya gede-gedean, padahal jauh lebih sepi dibanding PSAF jaman kuliah dulu, hahaha) ternyata lowongan buat s1 psikologi di bandung minim pisaaaan.. banyakan di jakarta. ngga banget lah, masa' iya musti LDR lagi? kan ga kuat :p

Pernah sekali saya dapet panggilan wawancara buat jadi observer tetap sebuah preschool swasa tajir di daerah Setiabudi. selesai sesi wawancara, dua interviewer saya (kepsek dan ketua yayasan) nampak sangat girang. apalagi setelah tau saya lumayan bisa komunikasi bahasa inggris, pasif dan aktif (maklum, disana anak ekspatriat kebanyakan..). Di akhir sesi, kepsek nya bilang, "Okay, Ms. Tami. We'll call you for the next step of this recruitment which is teaching at the class" dan si Mrs. Kepseknya ini ngomong juga yang bikin gw kegeeran "Tenang aja Ms. Tami. ini cuma formalitas kok. kami hanya mau lihat bagaimana kedekatan Ms. dengan anak-anak. After all, we are glad to found you here.." Ahem. Udah ngepul gilak kesenengan di kepala gw. yakin aja bakal keterima.

Ternyata oh ternyata, 3 hari ga ada lagi telpon dari sekolah itu. Setelah saya konfirm kesana, tiba-tiba aja disebutkan bahwa mereka udah dapet observernya. dan saya dinyatakan ga lolos dalam seleksi rekrutmen. Bahkan tanpa saya belum melewati proses class teaching itu. Idiiihh.. sa-kit, kakaaaa :D

Trauma ditolak (atau kelewat sombong ya, jadi sakit hati bener pas ditolak. hahaha), saya sempet pundung. ga mau ngirim-ngirim lamaran lagi. Dan sempet aja kepikiran buka Daycare sederhana di rumah sendiri. Serius deh, udah sampe dibikin plan keuangannya bahkan sama Dzaky. Tapi, ternyata oh ternyata lagi.. terbentur masalah Dzaky yang belum lulus kuliah. Kesian nanti kalo tiap pulang kuliah, kepalanya cenat cenut ngeliat banyak bocah beterbangan d sekeliling rumah. hihihi.

Jadi, kembali ke plan C. Apa tuh? Cari kerja! :D Nah, qadarullah, saya kenal dengan pemilik Sekolah Alam Bandung. si teteh ini selalu semangat lah tiap cerita tentang SAB. saya pun tertarik, karna memang sekolah itu yang kami jadikan opsi pertama buat sekolah bocah nanti. Singkatnya, dengan banyak dorongan Dzaky (jadi guru tuh enak Dhek, ga full time. deket rumah lagi, kamu ngesot juga sampe.. zzzzz...), melamarlah saya ke sana. Setelah melalui wawancara, tes baca Qur'an, dan tes hafalan Qur'an, diterimalah saya disana (dan sampai saat ini), sebagai guru kontrak.

How does it feel? Pada awalnya, it feels s*ck. Walau sejujurnya seru sekali melihat anak-anak disana benar-benar belajar. Tetapi ego saya masih tinggi. Otak saya terus denial, "Yah Tam, masa' s1 psikologi cuma jadi guru doang? UI pula?" Jiyeeee, sombyoong pisaaaann.. saya kepikiran temen-temen satu angkatan di kuliah dulu yang *ahem* IPKnya lebih kecil dari saya, tapi sekarang udah dapet kerja dengan digit gaji diatas angka 2,5 juta. Gaji saya? *uhuk uhuk uhuk* Yahh, pokoknya mah masih lebih gede angpao nya Qilaqila tiap pulang daru rumah Yang Kongnya, wkwkwkw.. Ohmeeen, bahkan jadi guru di Indonesia Mengajar itu lebih keren dari kerjaan gw sekarangg.. hahahaha, sebut gw sombong, but that was really happened to me few months ago.

Sampai suatu ba'da maghrib, tetiba aja 'Aqilla maksa bongkar-bongkar kontainer yang isinya buku-buku zaman kuliah dulu. Nah, disana ada 1 notebook tebal yang biasa dijadiin tulisan random saya. Ada sih catetan kuliahnya, tapi banyakan tulisan ga jelasnya. hahaha.. untung jaman dulu belom gape sama twitter, kalo udah bisa galau di publik sayanyah :D

Oke, kembali ke si buku.
Nah, 'Aqilla maksa buka buku itu soalnya dia mau "Iiikhaaaaaa..", alias minta digambarin ikan ;) jadilah saya buka-buka nyari halaman yang kosong buat di gambar. Qadarullah, jari saya berhenti di satu halaman yang penuh tulisan pensil (dan kayaknya ditulis dengan buru-buru saay bosen dengerin ceramah di kelas, hahaha). Judulnya; 100 fakta tentang Jayaning Hartami (dan kata Dzaky, sumpah ini judulnya alay banget. Bae weh.. :D)

Saya ketawa-ketawa sendiri baca poin-poinnya (dan yaaaak, ikan nya 'Aqilla pun ga jadi digambar. anaknya udah nemu buku lain yang lebih menarik soalnya). sampai ke poin 47. saya tercekat.
47. Saya ingin sekali menjadi guru di pedalaman. mengajar anak-anak di tengah hutan. saling belajar melalui kearifan alam..

saat itu juga mata saya kabur. ada air mata yang turun tanpa bisa dijeda.
Allah memang yang paling tahu bagaimana cara menyemangati hambaNya..

saya malu. maluuu sekali. saya keluhkan takdirNya hari ini. saya lupakan bahwa apa yang terjadi saat ini adalah pengabulanNya atas do'a saya bertahun-tahun yang lalu.

dan saat itu juga, semua kebaikan yang saya peroleh selama menjadi guru di SAB berputar di kepala saya.
tentang senyum anak-anak di pagi hari..
tentang teriakan riang saat mereka berebut mencebur diri ke kolam..
tentang rekan-rekan guru yang sangat sangat sangat baiiik sekali..
tentang kebebasan pakaian saat mengajar (saya hampir selalu pakai kerudung instan, rok jeans, dan sandal gunung)
tentang ritual buka-tutup kelas yang bikin saya melongo karna anak2 sd 5 ini hafalannya udah nyampe juz 27..
tentang talaqqi guru tiap pagi..
tentang hafalan juz 30 saya yang akhirnya berhasil ditamatkan sempurna hanya dalam waktu 2 bulan! padahal sebelumnya 5 tahun berusaha saya hafal tapi selalu "timbul-tenggelam"
tentang bagaimana cara membuat anak tertarik untuk belajar.. mengajak mereka bermain tanpa mereka sadar bahwa mereka tengah 'diajari'..

There it is. Saya bahagia sekali menjadi pengajar di Sekolah Alam Bandung. Alhamdulillaah.. :)

 

¡Compártelo!

4 komentar:

Hade

Jadi guru itu luar biasa tantangannya,
saya juga llusan psikologi dan calon guru sekolah alam..hihi..

Putri Puspitaningrum
Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.
Putri Puspitaningrum

halo kakak, salam kenal. Seneng banget baca postingan ini :) Putri baru aja diterima di Psikologi UI tahun ini dan tertarik kalo udh ngajar anak-anak :')

Anonim

saya sudah lulus program vokasi UI tahun 2011 lalu (ceritanya angkatan agak tua, hihihi), dan saya melepas pekerjaan saya untuk berkuliah lagi di program Psikologi UI tahun 2013 ini, semua demi cita-cita saya untuk menjadi guru :'). memang banyak yang menghina, tapi kalau sudah niat pasti semua akan baik ya :)

Posting Komentar

Selamat datang di Keluarga Hanif!
terimakasih yaa sudah berkunjung.. :)

Search

 

Followers

Rumah Bahagia ^__^ Copyright © 2011 | Tema diseñado por: compartidisimo | Con la tecnología de: Blogger