Stress nameless

Cerita kali ini tentang ASI.

Alhamdulillaah, sebelum 'Aqilla lahir, bulan ke-9 tepatnya, ASI saya sudah keluar dalam bentuk bercak-bercak sedikit di baju.
kemudian setelah 'Aqilla lahir, tepat saat ia baru keluar fresh from the oven ;), kolostrum saya juga langsung keluar dan berhasil IMD walau harus dibantu Ibu (karna saya pendarahan waktu itu).
Dan ga perlu waktu lama, sehari di rumah sakit, ASI saya langsung merembes ruah dan 'Aqilla minum dengan lahapnya. Alhamdulillaah..

Sejauh kemarin, pengalaman menyusui saya semuanya begitu lancar. Memang sih, awalnya sakit. Namanya juga ibu baru, fisik lumayan kaget dengan "gerusan" mulut bayi yang kasar dan tajam. awalnya sempet tuh ngerasa trauma, karena setiap habis nyusuin rasanya jadi nyut-nyut ga keruan, apalagi kalo pabrik susu nya kesentuh atau kesenggol (padahal ga sengaja), wiiihh.. bisa misuh-misuh berat saya. seru deh perjuangannya! sampe baret, lecet, kelupas-kelupas, hehe.. kadang kalo ga tahan, saya nyusuin Chiwa sambil ngeringis-ringis.

Walaupun begitu, semuanya tetep lancar. sakit yang dirasa cuma muncul sebulan awal, selebihnya udah cincay lah! hehe. ASI saya rasanya bener-bener melimpah buanget, apalagi ditambah frekuensi Chiwa minta mimik juga buaaanyaaak bangeettt.. ga heran deh kalo tu bocah sekarang udah 5,4 kg aja padahal baru 2 bulan (Alhamdulillaah,, sehat sehat ya, Cantik.. :)

Stok ASIP juga selalu kekejar. Sekali mompa, saya biasa dapet 160-200ml yang biasanya saya bagi ke 2 botol U* 1000. Tiap hari saya bisa mompa 2-3 kali, jadi dapet banget tuh 4-6 botol yang disimpen rapih untuk Chiwa selama saya kuliah. itupun seringkali masih netes-netes dan ngerembes ke baju saking banyaknya.

Semuanya begitu laaancaaaarrrr... sampe akhirnya pekan lalu, saya menyadari ada yang aneh dengan jumlah produksi ASI saya.

Ya, sodara-sodara, ASI saya tiba-tiba berkurang. ASELI. berkurang dalam jumlah yang sangat signifikan.

Awalnya saya ga begitu ngeh. cuma merasa aneh, kok pas saya kuliah seharian (dari jam 10 sampe jam 4 sore), tanpa mompa sekali pun, ASI saya belum penuh-penuh. nyut-nyutan juga ngga. padahal biasanya tiap 2 jam sekali, berasa banget kalo si pabrik ASI udah puenuh dan sakit kalo ga dipompa.


Sesampainya di rumah, saya langsung nyusuin Chiwa, as usual.
seselesainya aktivitas susu-menyusu itu, mulailah saya memompa ASI, mengingat di kulkas hanya ada 1 botol yang tersisa.
saya syok berat ketika ASI yang saya pompa ga kunjung keluar. huahhhhh.. paniknya ga kekira! Pasalnya besok saya mesti kuliah dan ga mungkin cuma ninggalin Chiwa dengan 1 botol ASIP di rumah..

langsung aja saya cerita ke Abhiwa, dengan sedikit terisak-isak. hehe. panik sih soalnya..
Abhiwa langsung keluar rumah nyari bubur kacang ijo dan sayur-sayur berkuah, sedang saya di rumah bolak-balik nenggak air hangat sambil komat-kamit do'a dalam hati supaya ASI saya penuh lagi.

 Oh iya, saya juga minum 2 kapsul transferfactor, si kapsul kolostrum canggih peningkat imun, yang berhasil nyembuhin batuk-pileknya Chiwa hanya dalam 3 hari.



Malam pun tiba. ASI saya ga kunjung penuh, ditambah Chiwa yang bolak balik minta mik susu. saya masih belum bisa mompa untuk stok ASIP besok.

Senin pagi, akhirnya saya menyerah. saya memutuskan untuk ga masuk kuliah dan tetep stay di rumah. saya langsung googling tentang masalah saya ini, alhamdulillaah, ternyata banyak ibu2 yang ngalamin hal serupa dengan tambahan tips yang mereka kasih di sana (makasih ya Moms, keep on writing. saya yakin untuk salah satu alasan ini lah menulis blog menjadi penting buat para ibu. *hugs!)

Akhirnya saya paksakan untuk mompa. walau cuma dapet 60ml sekali pompa (dulunya bisa sampe 200ml, bayangin coba!). sebodo amat. Chiwa harus punya stok ASIP yang cukup, walau itu berarti saya harus giat memompa tiap 2 jam sekali, ga peduli berapapun dapetnya sekali pompa.

Sambil setengah nangis, ngeliatin Chiwa, ditepukin bahunya sama Abhiwa, dan berdo'a, saya keep on pumping that day. saking kosongnya pabrik ASI saya, sampe-sampe rasa nyut-nyutan itu muncul lagi. persis kayak awal-awal menyusui.
sejujurnya saya makin panik, apalagi Tante yang biasa bantu jaga Chiwa bilang kalo demand ASI Chiwa nambah banyak selama saya kuliah. yang tadinya cuma ngabisin 3 botol @60ml, sekarang bisa sampe 6 botol! itupun padahal udah saya tingkatin isinya jadi @100ml.

Huhuhu.. seru banget deh minggu ini. baru kali ini saya ngerasain mompa ASI sambil nangis-nangis. sambil berulang kali marahin diri sendiri karena akhir-akhir sok makan sembarangan karna pede ASInya bakal banya terus.. seru bangeeettt.., sampe-sampe tiap pulang bisnis, Abhiwa ga langsung ngucap salam, tapi malah nanya: "Dapet berapa ml hari ini?" hiksss... saya terharu kalo teringat kata-kata suportifnya yang membantu saya untuk tetap positif kalo ASI saya bakal penuh lagi.

Dan saya terharu banget ketika kemarin, untuk pertama kalinya setelah seminggu "kekeringan", ASI saya ngerembes ke baju sepulang kuliah. Ya Alloh... itu bahagianya tidak terkiraaa.. saya langsung pompa sepulangnya ke rumah.. dan segera masukin freezer buat stok ASIP Chiwa.

Alhamdulillaah,sekarang produksi ASInya udah mulai lancar lagi. saya tetep konsumsi sayur berkuah, banyakin minum air, jus, dan susu. juga 2 kapsul transferfactor tiap harinya.

Setelah saya terawang-terawang lagiiii.. ternyata sumber pengurangan ini adalah stress akademik. heuheu..

berlebihan? nggak ah! tanya aja tuhhh, anak-anak psikologi 2007 sekarang. mukanya pada betekuk semua. hihi.. ;)

Yep. Proposal Penpsisos, CE Pelatihan, Verbatim Kuali, kuesioner anjab, dan bertumpuk-tumpuk lain tanpa saya sadari jadi beban yang bikin produksi ASI saya turun.. huhu.. stress nameless, jahatnya kamuuuu..

 dari kejadian ini, saya jadi bener-bener belajar.. kalo jadi Ibu itu bener-bener ga gampang. ga bisa lagi ngeremehin masalah makanan atau stress-stress-an. saya juga jadi bisa ngerti banget perasaan beberapa Ibu yang punya masalah dengan menyusui dan sampe terpaksa kasih anaknya sufor. karna memang saking paniknya, saya sempet muncul lintas pikiran buat beli sufor (yang langsung ditahan oleh Abhiwa, tentunya).

Mudah-mudahan, ke depannya ga ada lagi fase kekeringan macem gini.. cukup sekali aja.. saya ga tahan rasa sedihnya soalnya. sedih karena takut Chiwa kekurangan stok ASI.. T_T

Ya Alloh.., sayangi Ibu-ibu yang menyusui, langsung ataupun ga langsung, ASI maupun sufor..
karena mereka pasti cuma ingin yang terbaik buat bayinya..



btw, Insyaalloh kuliah saya tinggal 3 pekan lagi.. sehabis ini kami akan pindah ke Bandung. saya skripsi, dan yeaaayyy!! I will be a full time mom for beloved 'Aqilla. :D 
do'ain yaa supaya semester ini kuliah saya lulus semua..

¡Compártelo!

1 komentar:

miimim

aaa.. chiwaaa..
aku rindu kamu :*

:')

Posting Komentar

Selamat datang di Keluarga Hanif!
terimakasih yaa sudah berkunjung.. :)

Search

 

Followers

Rumah Bahagia ^__^ Copyright © 2011 | Tema diseñado por: compartidisimo | Con la tecnología de: Blogger